Milad Ke-55 Fakultas Pertanian Unsyiah Gelar Stadium General GAPKI Goes To Campus untuk 2.000 Mahasiswa dan Dosen di Banda Aceh

fpmilad5501

Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala menjalin kerjasama dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Pusat untuk penyelenggaraan kegiatan Kuliah Umum GAPKI Goes to Campus untuk 2.000 mahasiswa dan dosen di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh pada hari Kamis, 5 Desember 2019.  Kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan Milad Fakultas Pertanian Unsyiah yang ke-55, dengan mengambil topik “Akselerasi Inovasi dan Pengembangan Industri Kelapa Sawit Indonesia”.

Kegiatan kuliah umum ini  dibuka oleh Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan dengan menargetkan kolaborasi yang sinergis dan terpadu bagi terwujudnya percepatan inovasi dan pengembangan industri sawit Indonesia antara akademis, korporasi, pemerintah dan masyarakat madani.  Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc mengungkapkan, sejauh ini, telah terjalin kerjasama yang sangat baik antara Fakultas Pertanian dengan GAPKI baik dalam bentuk kegiatan kuliah praktik mahasiswa maupun dukungan pada kegiatan-kegiatan akademis lainnya yang diselenggarakan di kampus.  Beliau menguraikan, akhir tahun 2018 lalu, GAPKI telah mendukung terlaksananya kegiatan Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia di Banda Aceh, yang melibatkan lebih dari 500 peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.  Tahun ini, kembali GAPKI turut mendukung terlaksananya kegiatan the 1st International Conference on Agriculture and Bioindustry, dan beberapa kegiatan lainnya di Fakultas Pertanian, tambah Prof. Samadi.

Ketua Panita, Dr. Irfan Zikri, mengungkapkan kegiatan ini bertujuan sebagai media berbagi pengetahuan, pengalaman, kepakaran dan diskusi dalam komunitas akademis tentang nilai-nilai strategis industri sawit di Indonesia ditengah-tengah isu-isu dan kampanye-kampanye negatif aspek ekonomi, sosial dan lingkungan baik ditingkat lokal dan global.  Dia menambahkan, inisiatif pelaksanaan kegiatan ini mendapat sambutan baik dari GAPKI Pusat untuk mendiskusikan berbagai tantangan dan strategi bagi percepatan inovasi industri sawit yang berkelanjutan melalui kolaborasi akademis dengan perguruan tinggi. Pelaksanaan kegiatan ini juga turut menggandeng Pusat Riset Pembangunan Pedesaan dan Pertanian Berkelanjutan Unsyiah sebagai jejaring dan mitra kerja.

fpmilad5502 fpmilad5503

 

Kuliah umum  diberikan oleh Ketua Umum GAPKI Pusat, Joko Supriyono, yang turut didampingi oleh Direktur Eksekutif, Mukti Sardjono, dan Ketua Implementasi ISPO, M. Hadi Sugeng.  Forum ini  dimanfaatkan oleh GAPKI untuk memperkuat kolaborasi dan kerjasama sinergis, sekaligus sebagai media kampanye positif terhadap nilai-nilai paradigma yang kontra dengan industri sawit selama ini. Forum ini juga  diisi dengan pemutaran video-video GAPKI kampanye tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA), aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR), pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), smallholder, healthy oil healthy life,  dan sustainability

Acara ini  dimulai pada pagi hari, pukul 08.30 – 11.30, dengan moderator Prof. Abubakar Karim.  Kuliah umum ini dihadiri oleh lebih dari 2.000 mahasiswa dan dosen dari berbagai fakultas di Unsyiah dan perguruan tinggi lainnya disekitar Banda Aceh, pusat-pusat studi/riset, dan lembaga pemerintah yang terkait, untuk turut berpartisipasi dalam stadium general ini.  Karena itu, forum ini juga menargetkan integrasi, konektivitas, sharing dan maintenance jejaring terkait dengan perkebunan dan industri persawitan. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Stadium General GAPKI Goes To Campus ini dapat menghubungi Dr. Sofyan, M.Agric.Sc (Wakil Dekan II FP) melalui Telp/WA +62-813-6290-7222 pada hari dan jam kerja, atau email Ketua Panitia: irfanzikri@unsyiah.ac.id.

 

fpmilad5504 fpmilad5505

Related Articles