Universitas Syiah Kuala dan BPPSDM Kementerian Pertanian Menandatangani MoU Penguatan Pendidikan

28 1

Selasa, 28 Juli 2020 bertempat di AAC (Academic Activity Center)  Dayan Dawood dilakukan penyerahan MoU (memorandum of understanding) antara Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam rangka penguatan pendidikan di bidang Pertanian. Penyerahan dilakukan oleh Bapak Mukhtar staff BPPSDMP Kementerian Pertanian didampingi Muslim, SHI., MM.

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr.Ir. Samsul Rizal, M.Eng dalam sambutannya menekankan kepada generasi muda dari berbagai bidang pengetahuan perlu memperkuat inovasi dan penguasaan teknologi. Demikian juga halnya berkaitan dengan muatan pembelajaran pendidikan tinggi yang telah ada saat ini perlu dipertajam untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi yang dinamis dan mengikuti perubahan global.  Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa Aceh merupakan daerah dengan potensi pertanian sangat besar, kedepan Aceh harus memiliki pengembangan pertanian modern berbasis teknologi dan inovasi di bidang pertanian, inovasi dan teknologi tentunya berbasiskan kebutuhan daerah dengan menyelaraskan dengan kebutuhan global di sektor hilir. Pertanian modern selain introduksi teknologi juga mengedepankan standardisasi produk agar diterima pasar global.

Dalam acara yang tersebut turut memberi sambutan anggota DPR RI komisi 4 seorang putra Aceh Bapak Muslim, SHI., MM. Dalam sambutannya, menyampaiakan Universitas Syiah Kuala sebagai perguruan tinggi tertua di Aceh dapat menjadi motor dalam pengembangan pertanian Aceh. Saat ini Bapak Muslim juga terus membangun komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah dan pusat agar terciptanya kerjasama pemerintah pusat dan perguruan tinggi melalui program nasional yang dapat diimplementasikan oleh Aceh melalui basis perguruan tinggi. Sebagai penutup anggota DPR RI Muslim, SHI. MM.  juga mengutarakan akan terus membantu memperkuat penumbuhan entrepreneur muda sebagai bagian penciptaan dunia usaha dan dunia industri masa depan.

28 2 28 3

Acara yang turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc., Wakil Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Sofyan M.Agric Sc. dan Dr. nat. techn. Syafruddin, SP, M.P dan turut dihadiri para penerima hibah Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) Kementerian Pertanian tahun 2016 hingga tahun 2020. Dekan Fakultas Pertanian disela-sela acara menyampaikan bahwa dengan bertambahnya 5 kelompok wirausaha muda pertanian pada tahun 2020 maka Fakultas Pertanian telah memiliki 34 kelompok Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian mereka dibagi menjadi kelompok penumbuhan untuk tahun pertama, kelompok pengembangan dan kelompok pemandirian. Kelompok tersebut diharapkan akan memperkuat nilai tambah produk pertanian, dan kedepan direncanakan tersedia outlet yang terintegrasi dengan program mata kuliah berbasis wirausaha sehingga para mahasiswa dapat langsung melihat proses bisnis usaha berbasis komoditi pertanian.

Related Articles