Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Berpartisipasi Pada Kegiatan Festival Eco Enzyme Hari Lingkungan Hidup Sedunia

gmfp1

Fakultas Pertanian (FP) telah ikut berpartisipasi dalam mendukung Universitas Syiah Kuala (USK) dalam mengisi borang UI GreenMatric Network (UIGMURN). UI GreenMetric (UIGM) adalah suatu acara publikasi tahunan peringkat universitas di dunia yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia (UI) untuk menilai rangking universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Di Indonesia terdapat 11 universitas yang berpartisipasi dalam program UIGM dan USK merupakan salah satu universitas yang terlibat dalam program UIGM tersebut. Dalam rangka mensukseskan program UIGM, USK telah melibatkan semua fakultas dan unit kerja untuk pengisian borang UIGM yang meliputi: 1. Penataan dan Infrastruktur, 2. Energi dan Perubahan Iklim, 3. Limbah, 4. Air, 5. Transportasi, 6. Pendidikan dan Penelitian. Pengisian borang UIGM dibawah koordinasi Pusat Riset Lingkungan hidup (PRLH) USK. Ketua PRLH USK Prof. Mahidin menyampaikan bahwa USK akan terus meningkatkan komitmen dalam merencanakan dan menerapkan indikator yang ditetapkan oleh UIGM demi mencapai ”Sustainable Green Campus”. Tahun 2020 terdapat tiga institusi di USK yang mengisi UIGM yaitu Fakultas Pertanian, Pascasarjana dan Pusat Riset Lingkungan Hidup. Ketiga institusi ini mendapat penghargaan dari Rektor Universitas Syiah Kuala yang diserahkan pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia dan Festival Eco Enzyme yang dipusatkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tanggal 26 Juni 2021.

Dalam kegiatan hari lingkungan hidup sedunia yang dilaksanakan secara online tersebut dihadiri oleh Rektor atau perwakilan dari 11 universitas yang terlibat dalam UIGM dan turut disaksikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. Masing-masing perwakilan universitas memberikan kata sambutan dan laporan kegiatan yang telah dilakukan berkaitan dengan program UIGM.

gmfp2 gmfp3
gmfp4 gmfp5

Rektor Universitas Syiah Kuala yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Marwan, memberikan ucapan terima kasih atas partisipasi dalam mendukung terealisasinya ‘Sustainable Green Campus”. Selain itu USK juga memberikan produk Eco Enzyme untuk dapat dipergunakan sebagai pembersih kaca, cairan pembersih lantai dan juga tak kalah penting untuk penelitian. Produk eco enzyme sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi kepada tanah dan juga pembunuh hama. Namun komposisi akan terus diuji coba untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dalam kegiatan ini, USK juga memberikan hadiah kepada pemenang lomba video parameter Green Metric yaitu infrastruktur dan penataan ruang, energi dan perubahan iklim, transportasi serta limbah. Dekan Fakultas Pertanian USK Prof. Samadi menyambut baik program yang telah dicanangkan oleh UIGM dan terus mendukung berbagai program kegiatan untuk menjadikan Fakultas Pertanian sebagai Green Campus melalui berbagai program yang menunjang UIGM seperti penghematan energi, air, penggunaan energi alternatif, daur ulang sampah, transportasi ramah lingkungan dan pembinaan mahasiswa menjadi generasi hijau. Beberapa penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen FP selama ini juga dapat menunjang program UIGM.



Related Articles