Persiapan dan Strategi Penyusunan LK dan LED APS 4.0 Fakultas Pertanian Unsyiah

15 01

Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah melaksanakan kegiatan “Persiapan dan Strategi Penyusunan Laporan Kinerja (LK) dan Laporan Evaluasi Diri (LED)Akreditasi Program Studi (APS) 4.0pada hari Rabu, 15 Juli 2020 pukul 10.00 WIB s.d 12.45 WIB yang dilakukan secara dalam jaringan (daring). Kegiatan ini dihadiri oleh para Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Koordinator Program Studi, Tim Satuan Jaminan Mutu Fakultas (SJMF), Tim Pengendalian Mutu Akademik (TPMA) dari masing-masing program studi (prodi), dengan total peserta sekitar 45 peserta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan dan para Wakil Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah.

Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala mengundang Dr. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc yang merupakan Ketua Pusat Pengembangan Sistem Manajemen Mutu dari Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Syiah Kuala (LP3M) Unsyiah sebagai narasumber pada kegiatan tersebut. Acara ini dibuka dan sekaligus dimoderatori oleh Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Dr. Yuliani Aisyah, S.TP., M.Si.


15 02

Pada penyampaian materinya, Dr. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc. menjelaskan tentang Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 4.0 yang berorientasi pada output dan outcome, dan terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu: 1) Laporan Kinerja (LK) dan Laporan Evaluasi Diri (LED). LK berisi data kuantitatif yang memuat capaian indikator kinerja, sedangkan LED merupakan dokumen yang disusun secara komprehensif sebagai bagian dari pengembangan program studi.

LK dan LED merupakan 2 (dua) dokumen wajib yang diperlukan pada saat program studi ingin mengajukan akreditasi ataupun re-akreditasi prodi. Ada 4 (empat) elemen akreditasi yang harus dipenuhi didalam masing-masing kriteria didalam menyusun LK dan LED yaitu input, proses, output, dan outcome. Dr. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc juga menyampaikan strategi dan tahap-tahap teknis yang dapat dilakukan oleh Prodi maupun Unit Pengelola Program Studi (UPPS) didalam menyusun LK dan LED Prodi.

Setelah penyampaian materi oleh narasumber, dilakukan sesi tanya jawab yang selain menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan teknis didalam penyusunan LK dan LED, juga ada saran-saran yang mengharapkan agar ke depan yang dijadikan Indikator Kinerja Utama (IKU) oleh universitas di dalam melakukan evaluasi atau audit ke fakultas maupun prodi dapat diselaraskan dengan IKU yang ada di dalam IAPS 4.0.

Acara “Persiapan dan Strategi Penyusunan LK dan LED APS 4.0” selesai pada pukul 12.45 WIB, dan diakhiri dengan ucapan terima kasih dari Wakil Dekan I kepada narasumber dan semua peserta, serta mengharapkan agar pihak jurusan maupun prodi dapat menyesuaikan semua kegiatan atau upaya yang dilakukan di tingkat jurusan maupun prodi agar dapat menyesuaikan dengan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 4.0.

Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan dalam meningkatkan mutu akademik Fakultas Pertanian (FP), terutama dalam persiapan akreditasi dengan menggunakan IAPS 4.0. Sampai saat ini dari 8 prodi S1 di FP 6 terakreditasi A dan 2 terakreditasi B. Sementara dari 4 prodi S2 1 telah terakreditasi A dan 3 program studi terakreditasi B. Dua program studi D3 yang ada di FP keduanya terakreditasi B. Pada masa yang akan datang diharapkan semua program studi yang ada di FP bisa terakreditasi unggul.

15 03

15 04

15 05

Related Articles