Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala

Visi dan Misi

Visi Fakultas Pertanian

Menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dan terkemuka dalam bidang pertanian berbasis sumber daya lokal di Indonesia pada tahun 2020.

Misi  Fakultas Pertanian

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi pertanian secara terpadu yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan global.
  2. Mengembangkan riset-riset unggulan pertanian yang berpola keilmuan dan teknologi, berorientasi produk, dan berbasis pengabdian.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknolgi pertanian yang tepat guna.
  4. Membentuk sivitas akademika yang profesional dan beretika serta mengembangkan atmosfer akademik yang kondusif, dinamis, dan demokratis.
  5. Meningkatkan mutu manajemen dan sumber daya secara berkesi-nambungan.
  6. Menjalin dan meningkatkan kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Tujuan dan Sasaran Fakultas Pertanian

  1. Menghasilkan sarjana dengan tingkat kompetensi yang tinggi dan berdaya saing, berakhlak mulia, berwawasan luas, dan tanggap terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat sehingga mampu berperan dalam pembangunan bangsa.
  2. Menghasilkan riset-riset unggulan pertanian yang berguna bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian serta bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian secara terpadu dan tepat guna melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sehingga memberikan kontribusi yang nyata dalam penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat pengguna.
  4. Menciptakan suasana akademik yang kondusif, dinamis, dan demokratis sehingga sivitas akademika berperilaku ilmiah dan profesional serta menjunjung tinggi kebebasan akademik.
  5. Menyelenggarakan sistem ketatapamongan yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil.
  6. Menerapkan sistem penjaminan mutu secara berkelanjutan untuk kepuasan pemangku kepentingan.
  7. Menjamin keberlanjutan proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui kerjasama saling menguntungkan dengan institusitingkat lokal, nasional, dan internasional yang relevan.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

A.  Sasaran yang Ingin Dicapai

Mutu Fakultas merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja Fakultasyang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan (standar mutu). Sasaran yang ingin dicapai FP UNSYIAH merujuk pada standar mutu yang sesuai dengan standar nasional pendidikan (Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan) dan standar akreditasi nasional pendidikan tinggi (BAN-PT) sebagaimana diuraikan sebagai berikut.

Pendidikan

  1. Tercapainya mutu akademik sesuai dengan standar mutu akademik nasional.
  2. Tercapainya kompetensi dosen dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar kompetensi nasional SDM perguruan tinggi.
  3. Terciptanya suasana akademik yang kondusif.
  4. Tercapainya jumlah dan mutu prasarana dan sarana sangat mendukung proses pembelajaran.
  5. Tersedianya dana yang cukup untuk penyelenggaraan pendidikan.

Penelitian

  1. Berkembangnya kelompok penelitian (research group) dan pusat kajian.
  2. Meningkatnya kerjasama penelitian dengan institusi terkait dalam dan luar negeri.
  3. Meningkatnya perolehan hibah penelitian kompetitif.
  4. Tersedianya dana yang cukup untuk pengembangan kegiatan penelitian.
  5. Meningkatnya jumlah dan mutu publikasi ilmiah nasional dan internasional.

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)

  1. Meningkatnya jumlah dan mutu kegiatan PkM.
  2. Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan PkM yang dilakukan oleh dosen.
  3. Meningkatnya kerjasama PkM dengan institusi terkait dalam dan luar negeri.
  4. Meningkatnya perolehan hibah PkM kompetitif.
  5. Tersedianya dana yang cukup untuk pengembangan kegiatan PkM

B. Strategi pencapaian sasaran

 

Strategi pencapaian sasaran dirumuskan berdasarkan analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal FP UNSYIAH secara komprehensif, menggunakan metode dan instrumen yang sahih dan andal, sehingga menghasilkan landasan langkah-langkah pelaksanaan dan kinerja yang urut-urutannya sistematis, saling berkontribusi dan berkesinambungan. Strategi dan keberhasilan pelaksanaannya diukur dengan ukuran-ukuran yang mudah dipahami seluruh pemangku kepentingan. Segala dokumen pendukung yang berkaitan dengan sasaran dan strategi pencapaiannya didokumentasikan dengan baik.

Rencana strategis (Renstra) FP UNSYIAH 2009-2014 disusun dengan berpedoman pada visi-misi Fakultas Pertanian serta kebijakan dan standar mutu akademik yang telah ditetapkan. Sistematika penyusunan Renstra juga melibatkan unsur pemangku kepentingan.

Renstra FP UNSYIAH 2009-2014 juga disusun sejalan dengan Renstra UNSYIAH 2007-2012 yang memuat tiga pilar strategi pengembangan UNSYIAH, yaitu: (1) Pemerataan dan Perluasan Akses Pendidikan, (2) Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing, dan (3) Penguatan Tata Kelola, Pencitraan Publik dan Akuntabilitas. Strategi pencapaian sasaran FP UNSYIAH selanjutnya dikelompokkan ke dalam aspek mutu RAISE + LEAP (Relevance, Academic Atmosphere, Institutional Management, Sustainability, Efficiency and Productivity, Leadership and Commitment, Equity, Accessibility, Partnership),sesuai dengan yang ditetapkan oleh DIKTI.

Hubungi Kami