Workshop Pengolahan Data Survei CDC

fpusk 20220609 01

Satuan Penjaminan Mutu, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (SJM FP USK), kembali melakukan kegiatan dalam rangka peningkatan mutu Fakultas Pertanian berupa Pelatihan Pengolahan Data Survei Tracer Study dan Kinerja Lulusan bagi seluruh anggota Tim Pengendali Mutu Akademik (TPMA) dari seluruh Program Studi (Prodi) yang ada di lingkungan FP USK. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2022 bertempat di Meeting Room 1 Gedung D FP USK dengan mengundang narasumber dari Career Development Center (CDC) USK, Ratu Fazlia Inda Rahmayani, S.Pd., M.Sc dan Irma Suryani, SE., MBA.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FP USK, Dr. Yuliani Aisyah, S.TP., M.Si. Dalam sambutannya Dr. Yuliani Aisyah, S.TP., M.Si. menyampaikan terima kasih kepada kedua narasumber yang telah bersedia meluangkan waktu untuk memberikan informasi-informasi tentang pelaksanaan survei yang dilaksanakan oleh CDC USK, sehingga peserta kegiatan yang mewakili masing-masing prodi di lingkungan FP USK dapat mengetahui dan menggunakan data hasil survei untuk dijadikan laporan yang rutin diperlukan oleh prodi, terutama diperlukan pada saat audit mutu internal yang setiap tahun dilaksanakan oleh LP3M. Pelaksanaan survei yang dikelola oleh CDC USK harus didukung oleh masing-masing prodi, dalam hal menginformasikan dan meminta lulusan sebagai responden untuk bersedia mengikuti survei, karena yang paling mengenal dan dekat dengan lulusan adalah prodi. Semakin banyak lulusan sebagai responden yang mengisi atau mengikuti survei maka kecukupan responden akan terpenuhi baik untuk keperluan pembuatan laporan prodi maupun untuk  mencapai pemenuhan IKU 1 Perguruan Tinggi yaitu persentase lulusan S1 dan Program Diploma yang berhasil dapat pekerjaan, melanjutkan studi, atau menjadi wiraswasta dengan pendapatan cukup

Narasumber menjelaskan bahwa CDC yang awalnya bernama Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK), didirikan pada tahun 1992 dengan tujuan untuk membantu pengembangan karir dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama alumni USK. Narasumber menjelaskan bahwa CDC membuat survei yang ditujukan kepada alumni USK untuk mendapatkan berbagai data terkait pekerjaan dan kompetensi alumni USK. Selain itu, dengan dilaksanakannya survei tersebut, tingkat kepuasan alumni dan stakeholders terhadap layanan USK juga dapat diketahui. Dari data yang tersedia pada web CDC USK, setiap program studi dapat mengetahui performa masing-masing Prodi sehingga dapat menindak lanjuti setiap kekurangan demi meningkatkan mutu Prodi.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam tersebut ditutup oleh ketua SJM FP USK, Dr. Dewi Yunita, S.TP., M.Res. Dalam penutupannya, ketua SJM FP mengharapkan setiap Prodi dapat memastikan seluruh alumni berpartisipasi dalam mengisi survei tersebut sehingga dapat mendukung pencapaian IKU 1 FP USK.


fpusk 20220609 02

fpusk 20220609 03

fpusk 20220609 04

 fpusk 20220609 06

 

Dokumentasi