Mahasiswa

PAKARMARU Fakultas Pertanian USK 2021

PAKARMARU FPUSK 2021 1Pengumuman
Nomor: 1841/N11.1.5/2021

downloadDownload Pengumuman

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU) Fakultas Pertanian (FP), Universitas Syiah Kuala (USK) tahun 2021 yang akan dilaksanakan pada:

Tanggal: 12 dan 14 Agustus 2021 (Hari Kamis & Sabtu)
Pukul: 08.00 WIB s.d selesai
Tempat: Daring (online)

(seperti jadwal terlampir) maka kami mohon semua Mahasiswa baru Angkatan 2021 untuk dapat mendaftarkan diri pada link:

https://bit.ly/3hFyYgx atau 

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScDuSfOrxUE2VQsqPMhKmf9qFZikDJG5AJf5eCtbgER48NZ1w/viewform 

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Mahasiswa Fakultas Pertanian USK Menjuarai Lomba Video Edukasi dan Implementasi Pelestarian Lingkungan pada Kegiatan Eco Enzyme Festival

gmhsfp1

Dalam rangka memperingati Eco Enzyme Ferstival bertepatan dengan hari lingkungan hidup dunia, Pusat Riset Lingkungan Hidup Universitas Syiah Kuala (USK) mengadakan perlombaan video Edukasi dan Implementasi Pelestarian Lingkungan bagi mahasiswa/i yang berada di lingkungan USK. Dua mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) dari Program Studi (Prodi) Teknik Pertanian (TP) berhasil memenangkan 2 subtema dari 6 subtema yang dilombakan yaitu subtema penataan dan infrastruktur dan subtema pendidikan dan penelitian.

BEM Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Melaksanakan Webinar Nasional, Musyawarah Wilayah I ISMPI dan Business Plan Competition

ISMPI 01 ISMPI 02

Mengusung tema “Memotivasi Petani Milineal Indonesia Menuju Era Revolusi Revolusi Berbasis Bisnis dan Entrepreneur” Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP USK) melaksanakan Webinar Nasional pada hari Senin, tanggal 21 Juni 2021. Kegiatan lainnya yang dirangkai dengan Webinar Nasional tersebut adalah Musyawarah Wilayah I ISMPI (Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia) dan Business Plan Competition se-Sumatera.

Universitas Syiah Kuala Meraih Top 6 Hult Prize Regional International Manila

HultPrize01

Universitas Syiah Kuala pada 9 April 2021 berhasil menjadi Top 6 dalam Hult Prize Regional International Manila yang diadakan secara daring. Tim ini terdiri dari Saidatul Wulya sebagai Chief Executive Officer (CEO) dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Intan Qanita sebagai Chief Financial Officer (CFO) dari Fakultas Kedokteran, Sri Muliani sebagai Chief Product Officer (CPO) dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, dan Syakirullah sebagai Chief Marketing Officer (CMO) dari Fakultas Ekonomi.

Dokumentasi Pelantikan Pengurus Ormawa Periode 2021

 Link Vidio Youtube Klik Disini


Dekan Fakultas Pertanian USK Lantik Pengurus Ormawa Periode 2021

ormawa2021 00

Bertempat di Gedung MPR FP USK (Multi Purpose Room, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala),  Dekan FP melantik Pengurus Ormawa (Organisasi Mahasiswa) masa bakti 2021 pada hari Selasa, tanggal 2 Maret 2021. Adapun para Pengurus Ormawa yang dilantik terdiri dari Ketua DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), 9 Ketua HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan 4 Ketua UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di lingkungan FP USK. Acara pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Warek (Wakil Rektor) 3 USK Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC, Wakil Dekan 3 FP USK Prof. Dr. nat. techn. Syafruddin, S.P., M.P, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Dr. drh, Mustafa Sabri, M.P., para Ketua Prodi (Program Studi) di lingkungan FP USK dan jajaran Pengurus Ormawa masa bakti 2020. Sebelum pelantikan Sub Koordinator Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Tasmin Tassar, S.P., membacakan SK Dekan tentang Kepengurusan Ormawa FP USK untuk Masa Bakti 2021.

Fakultas Pertanian Unsyiah Sukses Laksanakan PAKARMARU 2020 Secara Virtual

Pakarmaru202001 Pakarmaru202002

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (FP Unsyiah) Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc membuka acara Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru) Sesi 1 secara virtual pada tanggal 13 September 2020 untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN. Dalam sambutannya Dekan FP Unsyiah mengharapkan agar mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus dan menyelesaikan studi dengan baik nantinya. Disamping itu Dekan FP juga mengharapkan agar mahasiswa baru tetap menjaga karakter dan mampu berorganisasi sambil kuliah nantinya. Lebih lanjut Dekan FP menyampaikan bahwa Pakarmaru kali ini memang berbeda karena baru pertama dilakukan secara virtual.

Organisasi Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsyiah Bantu Korban Banjir Bandang Paya Tumpi Aceh Tengah

20200520 01

Sebanyak 5 orang mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP Unsyiah) ikut membantu korban banjir bandang di Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Fakultas Pertanian Melakukan Survey Keberadaan dan Keadaan Mahasiswa/i Selama Masa Pandemi Covid-19

survey covid19

Sebanyak 12 prodi (S1 dan D3) di lingkungan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP Unsyiah), termasuk PSDKU (Program Studi Di Luar Kampus Utama) Gayo Lues, melakukan survey tentang keberadaan dan keadaan mahasiswa di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Survey yang dilakukan oleh program prodi S1 dan D3 tersebut dilaksanakan dari tanggal 15 Maret 2020 s.d tanggal 10 Mei 2020. Tujuan survey tersebut untuk mengetahui keberadaan dan keadaan mahasiswa/i di lingkungan FP Unsyiah. Menurut Wakil Dekan 3 FP Unsyiah, Dr. nat. techn. Syafruddin, SP, M.P, sekaligus sebagai koordinator survey tersebut, ada enam komponen yang disurvey dalam masa pandemi Covid-19 ini dari mahasiswa/i. Keenam komponen tersebut adalah: Kondisi kesehatan, akses Internet di tempat tinggal, belanja kuota Internet sebelum masa emergency, penerima beasiswa atau tidak, apakah mengalami kesulitan untuk mendapati makanan sehari-hari di sekitar Banda Aceh dan status akademik saat ini. Total mahasiswa/i yang disurvey adalah 1437 orang, dari 2913 orang jumlah mahasiswa/i aktif di FP Unsyiah saat ini. Dekan FP Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc menyambut baik survey keadaan mahasiswa/i selama pandemi Covid-19. Data yang didapat akan sangat bermanfaat untuk mengetahui tentang posisi kesehatan dan keadaan akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19. Pihak Dekanan FP menghaturkan terima kasih kepada semua prodi yang telah berpartisipasi dalam survey mahasiswa tersebut. Adapun prodi-prodi tersebut adalah Agribisnis, Agroteknologi, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Peternakan, Ilmu Tanah, Proteksi Tanaman, Kehutanan, Agroteknologi PSDKU Gayo Lues, Kehutanan PSDKU Gayo Lues, D3 Manajemen Agribisnis dan D3 Budidaya Peternakan. Selengkapnya hasil survey yang dilakukan oleh prodi dan dikompilasi oleh Bagian Kemahasiswaan dan Alumni dibawah kendali Kasubbag Kemahasiswaan dan Alumni Tasmin Tassar, SP, didapatkan hasil kondisi mahasiswa FP Unsyiah pada masa pandemi Covid-19 sebanyak 98% sehat, sisanya 2% hanya mengalami sakit lainnya sedikit pilek/beringus. Selanjutnya penggunaan akses internet hasilnya 45% baik dan lancar, 38% sering putus dan kurang memuaskan, 12% sangat sering putus dan tidak memuaskan dan  % dalam kondisi sangat baik dan sangat lancar. 

Hasil survey selengkapnya dapat dilihat disini .... (klik) 

download button pdf

Subcategories

Hubungi Kami

Publish the Menu module to "offcanvas" position. Here you can publish other modules as well.
Learn More.