BAN PT Melaksanakan Kegiatan Asesmen Lapangan Program Studi D3 Budidaya Peternakan Fakultas Pertanian Unsyiah Secara Virtual

01 02

BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) melaksanakan Kegiatan Asesmen Lapangan Program Studi (PS) Diploma III (D3) Budidaya Peternakan, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP Unsyiah) pada tanggal 9 – 10 Juli 2020. Acara tersebut berlangsung di dua tempat yaitu Ruang Dekanan dan Ruang Jurusan Peternakan FP Unsyiah. Kegiatan Asesmen Lapangan secara daring berhasil menyambung proses tanya jawab dan verifikasi data antara Asesor I Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., PhD (Universitas Jenderal Sudirman) yang berada di Purwokerto, Asesor II Prof. Dr. Irma Isnafia Arif, S.Pt. M.Si (IPB) yang berada di Bogor dengan pihak Dekanan serta Program Studi D3 Budididaya Peternakan FP Unsyiah di Banda Aceh. Acara pembukaan Kegiatan Asesmen Lapangan tersebut turut dihadiri oleh Rektor Universitas Syiah Kuala yang diwakili oleh Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Ir. Marwan dan Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah Prof. Dr. Adlim, M.Sc.

Dalam kata sambutannya Wakil Rektor I Unsyiah mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan kepada kedua asesor yang melakukan Kegiatan Asesmen Lapangan pada Program Studi D3 Budidaya Peternakan FP Unsyiah. Lebih lanjut Prof. Dr. Marwan mengharapkan semoga acara tersebut memberikan manfaat dan masukan bagi Unit Pengelola Program Studi dan Prodi D3 Budidaya Peternakan serta dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan. Prof. Dr. Marwan juga memaparkan dalam sambutannya bahwa sektor peternakan merupakan salah satu sektor yang terpenting dalam mendukung pembangunan di Provinsi Aceh. Selain itu Aceh juga memiliki komodi unggulan di bidang peternakan yaitu sapi Aceh yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat. Rangkaian acara Kegiatan Asesmen Lapangan tersebut diawali Sesi Tim Asesor dengan Dekanan sebagai pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS).

Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc., pada tahap awal memaparkan tentang suasana akademik, sumberdaya manusia, fasilitas dan berbagai kemajuan yang telah dicapai oleh Fakultas Pertanian Unsyiah selama lima tahun terakhir, termasuk tentang keberadaan dan peranan Prodi D3 Budidaya Peternakan Unsyiah. Selain itu Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc., juga menambahkan bahwa Kegiatan Asesmen Lapangan Program Studi D3 Budidaya Peternakan merupakan kesempatan pertama secara virtual di lingkungan Fakultas Pertanian. Setelah selesai sesi UPPS dilanjutkan dengan sesi program studi dibuka oleh Ketua Jurusan Peternakan FP Unsyiah ibu Prof. Ir. Eka Meutia Sari, M.Sc dilanjutkan dengan pemaparan PS D3 Budidaya Peternakan oleh ibu Ir. Cut Intan Novita, M.Si.

03 04
05 06

Setelah itu acara Kegiatan Asesmen Lapangan hari pertama dilanjutkan dengan Konfirmasi Data Excel PS, Sesi Tim Asesor dengan Tim Penjaminan Mutu UPPS, Peninjauan Sarana Prasarana Secara Virtual, Sesi Tim Asesor dengan Program Studi, Sesi dengan Dosen, dan Sesi Tim Asesor dengan Alumni dan Pengguna Alumni. Selanjutnya Kegiatan Asesmen Lapangan hari kedua meliputi Sesi dengan middle manajemen - Sesi dengan Tenaga Kependidikan, Sesi Tim Asesor dengan Perwakilan Mahasiswa, Kerja Mandiri Asesor, Sholat Jumat, istirahat, Pemeriksaan Berita Acara Asesmen Lapangan, Finalisasi Berita Acara dan Penanda-tanganan Berita Acara, Lanjutan Kerja Mandiri Asesor (Asesor 1 mengupload hasil penilaian ke BAN PT) dan Penutupan secara Virtual. Dalam Kegiatan Asesmen Lapangan secara daring tersebut pihak Dekanan dan Prodi D3 Budididaya Peternakan FP Unsyiah juga mempersiapkan video tentang fasilitas dan aktivitas akademik di tingkat universitas, fakultas, program studi dan aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Pertanian Unsyiah. Disamping itu dalam Kegiatan Asesmen Lapangan secara daring tersebut asesor juga berkesempatan melakukan diskusi dan tanya jawab dengan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi Dr. Nizamuddin, M.Info.Sc., dan Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah Dr. Rudi Kurniawan, S.T., M.Sc. Pada saat penutupan dalam arahannya kedua asesor mengharapkan agar peningkatan jumlah mahasiswa terus diupayakan dan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada peningkatan kualitas akademik dan prestasi mahasiswa terus dilaksanakan secara berkesinambungan. Kegiatan Asesmen Lapangan Program Studi D3 Budidaya Peternakan Fakultas Pertanian Unsyiah berjalan lancar berkat dukungan dan kerjasama semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara tersebut.

Related Articles