Fakultas Pertanian USK Melaksanakan Pembekalan Kepada Lulusan Melalui Acara Sharing Alumni Sukses Secara Virtual

01

 

Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil memberikan pembekalan kepada lulusan/fresh graduate melalui acara Sharing Alumni Sukses pada tanggal 7 Juli 2021 secara virtual. Pada kesempatan tersebut Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala mengundang dua pemateri yaitu Fitra Ramadhan, SP., M.Si - Technical Excellent Lead  PT. Syngenta Indonesia yang mengupas tuntas tentang Kiat dan Strategi Memperoleh Beasiswa dan Bekerja di Sektor Swasta/Perusahaan Ternama. Sedangkan pemateri kedua Hardika  Azmi Solin, SP., M.Si - Staf Sub Bagian Program Pelaporan  Keuangan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perikanan Subulussalam dengan judul Kiat dan Strategi Lulus Cepat Menjadi PNS.

Ketua Pelaksana Acara yang bertema Setelah Sarjana Mau Jadi Apa?  Prof. Dr. nat. techn. Syafruddin, SP. MP., sekaligus selaku Wakil Dekan III Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala,  dalam sambutannya  menyatakan acara tersebut bertujuan untuk memberi pengalaman kepada alumni khususnya fresh graduate  dalam memasuki dunia kerja baik di sektor swasta maupun menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Semoga semua peserta dapat menerima manfaat dari cerita alumni sebagai pemateri pada acara tersebut, tambah Prof. Dr. nat. techn . Syafruddin, SP. MP.  Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc., dalam sambutan dan pembukaan acara tersebut menyampaikan betapa pentingnya membekali diri untuk memasuki dunia kerja. Oleh karena itu telah lama acara ini direncanakan dan tentu saja banyak manfaat yang dapat diambil oleh alumni atau lulusan yang belum bekerja khususnya dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Khusus kepada kedua pemateri Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala juga menghaturkan terima kasih atas kesempatan dan waktu menceritakan pengalamannya seputar persiapan dan hal-hal lainnya menyangkut dunia kerja, baik di sektor swasta maupun menjadi pegawai negeri sipil. Sebagai tambahan Prof. Dr. Ir. Samadi. M.Sc., juga berpesan pada era sekarang kesempatan luas bagi alumni juga terbuka untuk menjadi pengusaha. Khusus untuk menjadi wirausaha Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Kementerian Pertanian RI juga memiliki Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP).

02 03
04 05

Kedua pemateri Fitra Ramadhan, SP., M.Si dan Hardika  Azmi Solin, SP., M.Si  merupakan alumni dari Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, telah berhasil dengan sangat baik memberikan pengalamannya baik dari masa persiapan, pelaksanaan dan interview dalam mencari pekerjaan dan kiprah mereka masing-masing di dunia kerja. Kunci sukses memperoleh pekerjaan baik di sektor swasta (perusahaan nasional dan multinasional)  dan negeri yang utama menurut kedua pemateri adalah persiapan yang matang dan terarah, kesesuaian bidang pekerjaan yang dipilih dengan keilmuan alumni merupakan faktor penentu seseorang memperoleh pekerjaan. Kedua pemateri juga menjelaskan betapa pentingnya memiliki self branding, penguasaan Bahasa, khususnya  Bahasa Inggris.  Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah doa dan usaha yang maksimal  dan tetap menjaga kesehatan. termasuk di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Acara yang dimoderatori oleh Kepala Sub Koordinator Kemahasiswaan dan Alumni, Tasmin Tassar, SP.,  juga dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi menyangkut tema dan judul yang diusung. Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat oleh Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc kepada kedua pemateri secara online. Acara Sharing Alumni Sukses berlangsung dengan baik dan diikuti oleh 85 participant.



Related Articles