Fakultas Pertanian Unsyiah Melaksanakan Pelatihan Training dan Uji Kompetensi Manajemen Agribisnis Produksi dan Pemasaran serta Penyuluh Pertanian Fasilitator

Kompetensi01

Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc. selaku Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP Unsyiah) membuka kegiatan Pelatihan dan Uji Kompetensi Manajemen Agribisnis Produksi dan Pemasaran serta Penyuluh Pertanian Fasilitator yang dilaksanakan tanggal 13 November 2020 hingga lima hari kedepan. Dalam sambutan Dekan FP menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Universitas Syiah Kuala Bapak Rektor Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. yang selalu mengapresiasi penguatan Program Studi (prodi) dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan lulusan. Saya sangat mendukung dan bangga telah diadakan sertifikasi profesi sehingga akan menambah tenaga pendidik dan kependidikan yang memperoleh sertifikasi kompetensi di lingkungan Fakultas Pertanian Unsyiah, dimana sebelumnya sertifikasi yang telah ada di bidang Pertanian, ujar Prof. Samadi.

Prof. Samadi menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi (PPPTV) Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana Program Studi Diploma Manajemen Agribisnis menjadi satu-satunya perwakilan Universitas Syiah Kuala pada tahun 2020 ini. Selain kegiatan sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan kegiatan PPPTV juga memberikan Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi pimpinan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang nantinya mereka memiliki kompetensi di bidang pembelajaran pendidikan tinggi. Dukungan fasilitas juga disediakan berupa fasilitas teaching industry dan teaching factory hilirisasi kopi dan fasilitas laboratorium multimedia yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas pertanian nantinya tutup Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc.

Kompetensi02 Kompetensi03
Kompetensi04 Kompetensi05

Koordinator Program Studi Diploma Manajemen Agribisnis Akhmad Baihaqi, SP. MMA menyampaikan untuk kegiatan pelatihan dan sertifikasi bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Agribisnis Ambissi ini diikuti oleh 15 orang dosen dan 1 orang tenaga kependidikan/laboran, dengan bidang Manajemen Agribisnis Produksi 8 orang, Manajemen Agribisnis Pemasaran 5 orang dan Penyuluh Pertanian Fasilitator 3 orang.  Keberhasilan program juga atas dukungan dan perhatian Bapak Rektor Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., para Wakil Rektor serta pimpinan LP3M Bapak Prof. Dr. Adlim, M.Sc. serta Dekan FP Bapak Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc., ungkap Baihaqi dengan rasa terima kasih. Dengan tema hospitality Alhamdulillah kita dipercaya untuk membangun dan menyiapkan SDM untuk mengembangkan program vokasi pendidikan tinggi. Baihaqi melanjutkan beberapa hal yang menjadi penguatan dalam PPPTV ini yang tertuang dalam rencana pembangunan Program Studi dan ini menjadi ciri khas program studi pengusul saat itu. Apa saja yang kami usung merupakan isu strategis prodi diantaranya pencitraan Program Studi, mutu lulusan, penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan budaya kerja dan budaya akademik, kualitas sumber daya manusia, mengembangkan bidang unggulan universitas, penguasaan sistem informasi manajemen, kerjasama DUDI yang kesemuanya mendukung penerapan teknologi 4.0. Ditambahkan bahwa kegiatan serupa juga diberikan untuk berbagai program vokasi di seluruh Indonesia, tutup Baihaqi.

Disela kegiatan ketua Taskforce T. Saiful Bahri, SP. MP. Mengatakan serangkaian aktivitas program bermuara untuk penguatan program pembelajaran dan kemahasiswaan di bidang Agribisnis, nantinya kita ingin menghasilkan lulusan berjiwa entrepreneur dan menguasai penerapan teknologi 4.0 dan selaras dengan kebutuhan DUDI. Saiful biasa akrab dipanggil menambahkan program juga tengah menyiapkan pembelajaran berbasis kebutuhan DUDI dan sedekat mungkin mereka bersama mahasiswa, sehingga nantinya mahasiswa memiliki sarana untuk mengembangkan kreativitas dengan pendampingan DUDI sesuai dengan bidang keahlian dan sesuai kualifikasi program vokasi, Saiful mengakhiri.

Kompetensi06


Kompetensi07

Kompetensi08

Kompetensi09

 

Related Articles